Osca Perawat Terapi Bermain dan Penilaian Perkembangan Anak
Standard Operasional Prosedur Terapi Bermain dan Penilaian Perkembangan Anak - STANDARD OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
| TERAPI BERMAIN | ||
|
|
| |
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR |
|
| |
PENGERTIAN |
| ||
TUJUAN |
| ||
KEBIJAKAN | Dilakukan di Ruang rawat inap, Poli tumbuh kembang, Poli rawat jalan dan Tempat penitipan anak | ||
PETUGAS | Perawat | ||
PERSIAPAN PASIEN |
| ||
PERALATAN |
| ||
PROSEDUR PELAKSANAAN |
|
Contoh
Topik : Terapi bermain
Sub Topik : Mewarnai gambar
Sasaran : Anak Pra Sekolah
Tempat : Ruang perawatan anak
Waktu : 35 menit
- TUJUAN
- TIU (Tujuan Instruksional Umum)
Setelah diajak bermain, diharapkan anak dapat melanjutkan tumbuh kembangnya, mengembangkan aktifitas dan kreatifitas melalui pengalaman bermain dan beradaptasi efektif terhadap stress karena penyakit dan dirawat - TIK (Tujuan Instruksional Khusus)
Setelah diajak bermain selama 35 menit, anak diharapkan :
- Gerakan motorik halusnya lebih terarah
- Berkembang kognitifnya
- Dapat mewarnai gambar yang disukainya
- Dapat bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman sebaya yang dirawat di ruang yang sama
- Kejenuhan selama dirawat di RS berkurang
- PERENCANAAN
- Jenis Program Bermain
Mewarnai gambar dengan pensil warna/spidol/pantel pada kertas gambar yang telah tersedia - Karakteristik bermain
- Melatih motorik halus
- Melatik kesabaran dan ketelitian
- Karakteristik peserta
- Usia 3 – 6 tahun
- Jumalah peserta: 2 – 4 anak dan didampingi orang tua
- Keadaan umum mulai membaik
- Klien dapat duduk
- Peserta kooperatif
- Metode: Demontrasi
- Alat-alat yang digunakan (Media)
- Kertas gambar yang siap diwarnai
- Alat untuk menggambar (Pensil warna/spidol/pantel)
- Benang
- Penggaris
- Alat untuk melubangi kertas (Perforator)
- STRATEGI PELAKSANAAN
- Persiapan: 5 Menit
- Menyiapkan ruangan
- Menyiapkan alat
- Menyiapkan peserta
- Pembukaan: 5 Menit
- Perkenalan dengan anak dan keluarga
- Anak yang akan bermain saling berkenalan
- Menjelaskan maksud dan tujuan
- Kegiatan: 20 Menit
- Anak diminta untuk memilih gambar yang ingin diwarnai yang sudah tersedia
- Kemudian anak dianjurkan untuk mewarnai gambar dengan warna yang disukai
- Setelah selesai mewarnai gambar, anak dibantu untuk melubangi bagian atas kertas gambar
- Dipasang benang sepanjang ± 10 cm pada bagian atas yang dilubangi
- Gantungkan hasil mewarnai gambar di dekat tempat tidur anak
- Penutup: 5 Menit
Memberikan reward pada anak atas hasil karyanya
- EVALUASI YANG DIHARAPKAN
- Anak dapat mengembangkan motorik halus dengan menghasilkan satu gambar yang diwarnai, kemudian digantung
- Anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik
- Anak merasa senang
- Anak tidak takut lagi dengan perawat
- Orang tua dapat mendampingi kegiatan anak sampai selesai
- Orang tua mengungkapkan manfaat yang dirasakan dengan aktifitas bermain
Mengetahui |
| Nama Mahasiswa |
(………………..) |
| (………………….) |
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN TERAPI BERMAIN
No | ASPEK YANG DINILAI | BOBOT | NILAI | ||
0 | 1 | 2 | |||
A | ALAT |
|
|
|
|
1 | Rancangan program bermain yang lengkap dan sistematis | 3 |
|
|
|
2 | Alat bermain sesuai dengan umur/jenis kelamin dan tujuan | 2 |
|
|
|
B | Tahap Pra Interaksi |
|
|
|
|
1 | Melakukan kontrak waktu | 2 |
|
|
|
2 | Mengecek kesiapan anak (tidak ngantuk, tidak rewel, keadaan umum membaik / kondisi yang memungkinkan) | 3 |
|
|
|
3 | Menyaiapkan alat | 2 |
|
|
|
4 | Mencuci tangan | 1 |
|
|
|
C | Tahap Orientasi |
|
|
|
|
1 | Memberikan salam kepada pasien dan menyapa nama pasien | 1 |
|
|
|
2 | Menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan | 3 |
|
|
|
3 | Menanyakan persetujuan dan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan | 1 |
|
|
|
D | Tahap Kerja |
|
|
|
|
1 | Memberi petunjuk pada anak cara bermain | 3 |
|
|
|
2 | Mempersilahkan anak untuk melakukan permainan sendiri atau dibantu | 2 |
|
|
|
3 | Memotivasi keterlibatan klien dan keluarga | 3 |
|
|
|
4 | Memberi pujian pada anak bila dapat melakukan | 3 |
|
|
|
5 | Mengobservasi emosi, hubungan inter-personal, psikomotor anak saat bermain | 3 |
|
|
|
6 | Meminta anak menceritakan apa yang dilakukan / dibuatnya | 3 |
|
|
|
7 | Menanyakan perasaan anak setelah bermain | 3 |
|
|
|
8 | Menanyakan perasaan dan pendapat keluarga tentang permainan | 2 |
|
|
|
E | Tahap Terminasi |
|
|
|
|
1 | Melakukan evaluasi sesuai dengan tujuan | 3 |
|
|
|
2 | Berpamitan dengan pasien | 1 |
|
|
|
3 | Membereskan dan kembalikan alat ke tempat semula | 2 |
|
|
|
4 | Mencuci tangan | 1 |
|
|
|
5 | Mencatat jenis permainan dan respon pasien serta keluarga kegiatan dalam lembar catatan keperawatan dan kesimpulan hasil bermain meliputi emosional, hubungan inter-personal, psikomotor dan anjuran untuk anak dan keluarga | 3 |
|
|
|
| TOTAL | 50 |
|
|
|
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK MENGGUNAKAN DENVER II
No | ASPEK YANG DINILAI | BOBOT | NILAI | ||
0 | 1 | 2 | |||
A | ALAT |
|
|
|
|
1 | Format penialian Denver II | 2 |
|
|
|
2 | Kotak berisi alat-alat bantu tes | 3 |
|
|
|
B | Tahap Pra Interaksi |
|
|
|
|
1 | Melakukan kontrak waktu | 1 |
|
|
|
2 | Menyiapkan alat termasuk mengisi data pemeriksa dank lien / pasien pada form. Penilaian Denver II | 2 |
|
|
|
3 | Mencuci tangan | 1 |
|
|
|
C | Tahap Orientasi |
|
|
|
|
1 | Memberikan salam kepada pasien dan menyapa nama pasien | 1 |
|
|
|
2 | Menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan | 3 |
|
|
|
3 | Menanyakan persetujuan dan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan | 3 |
|
|
|
4 | Mempersiapkan lingkungan tempat pemeriksaan | 3 |
|
|
|
D | Tahap Kerja |
|
|
|
|
1 | Memberi petunjuk pada klien/pasien cara melakukan tes, kemudian meminta klien/pasien untuk melakukannya | 8 |
|
|
|
2 | Melakukan tes mulai dari item yang paling mudah | 3 |
|
|
|
3 | Melakukan tes secara urut dari item yang menggunakan sedikit energi | 3 |
|
|
|
4 | Memberi pujian pada anak bila dapat melakukan tes | 3 |
|
|
|
5 | Menuliskan skor pada form. Denver II setiap satu tindakan tes | 3 |
|
|
|
6 | Menyimpulkan hasil tes setelah menyelesaikan minimal 5 tindakan tes | 6 |
|
|
|
E | Tahap Terminasi |
|
|
|
|
1 | Melakukan evaluasi sesuai dengan tujuan | 1 |
|
|
|
2 | Berpamitan dengan pasien/klien | 1 |
|
|
|
3 | Membereskan dan kembalikan alat ke tempat semula | 1 |
|
|
|
4 | Mencuci tangan | 1 |
|
|
|
5 | Mencatat kegiatan dalam lembar catatan keperawatan | 1 |
|
|
|
| TOTAL | 50 |
|
|
|